Jumat, 13 Juli 2012

Pertanyaan Seputar Dasar-Dasar Jurnalistik


1. Apa yang dimaksud dengan Jurnalistik?
Jurnalistik memiliki makna yang luas terutama hubungannya dengan dunia tulis menulis. Sebagian ahli berpendapat bahwa jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan wartawan atau kewartawanan (Sumanang SH). Kepandaian mengarang yang pokoknya memberi keterangan pada masyarakat dengan segera agar tersiar seluas-luasnya (Meinanda : 1981). Suatu kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis untuk surat kabar, majalah, atau berkala lainnya (Asseggaf :1991). Menurut Adinegoro, jurnalistik adalah kepandaian karang mengarang. Menurut Ilmu Publisistik, jurnalistik berarti, hal-hal yang menyiarkan berita dan atau ulasan berita tentang peristiwa sehari-hari yang umum dan aktual dengan secepat-cepatnya. Dengan demikian, jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan dunia tulis menulis termasuk di dalamnya kewartawanan. Mereka yang menekuni kejurnalistikkan sering disebut jurnalis. Dan mereka yang menekuni jurnalistik tertentu hingga menjadi sebuah profesi dan bekerja pada suatu penerbitan media massa disebut wartawan. 

2. Ditinjau asal bahasa, jurnalistik itu sebenarnya dari bahasa apa?
Ditinjau dari asal-usul bahasa, akar kata jurnalistik berasal dari “diurna” (bahasa Romawi). Kemudian diinggriskan menjadi “Journal” yang artinya catatan-catatan harian. 

3. Dalam penulisan karya ilmiah termasuk artikel, ada istilah bahasa jurnalistik, apa maksudnya?
Sesuai dengan makna jurnalistik yaitu identik dengan dunia tulis menulis, maka bahasa jurnalistik adalah bahasa tulis menulis atau bahasa komunikasi massa yaitu bahasa dengan pilihan kosa kata yang sederhana agar dapat dipahami oleh segenap lapisan masyarakat. Selain itu, singkat, jelas, padat, dan obyektif. Dalam tulis menulis, bahasa ini mutlak harus digunakan mengingat sasaran tulisan kita adalah masyarakat luas yang memiliki ragam wawasan dan kailmuan berbeda, maka tulisan seorang penulis diharapkan bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat tersebut.

4. Jurnalistik memiliki cakupan sangat luas tidak terbatas di dunia kewartawanan saja, mohon dijelaskan jenis jurnalistik yang berhubungan dengan kecepatan waktu penyampaian yang mewakili ragam jurnalistik yang berkembang kini?
Jurnalistik ditinjau dari segi waktu ada tiga jenis
1. Jurnalistik baru
Jurnalsitik jenis ini dimaksudkan untuk menyampaikan berita yang sangat penting untuk segera diketahui dan biasanya menggunakan alat komunikasi yang modern seperti melalui faksimile, telegram, kawat, dan lain-lain.
2. Jurnalistik pembangunan
Dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menyadarkan masyakarat tentang pembangunan, jurnalis berusaha meyakinkan masyarakat akan masa depan, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam pembangunan.
3. Jurnalistik presisi
Jurnalistik jenis ini berisi ketetapan atau ketentuan. Jurnalistik jenis ini berupa surat-surat keputusan, perundang-undangan, dan sejenisnya.

5. Apa yang dimaksud jurnalistik cetak atau media cetak?
Jurnalistik cetak yaitu jurnalistik yang cara penyampaiannya melalui serangkaian tulisan atau cetakan yang biasanya terbit secara periodik atau secara kontinyu. Kini media ini telah memiliki kredibilitas tersendiri baik di hadapan hukum maupun masyarakat secara luas.

6. Ada berapa jenis media cetak itu?
Jurnalistik cetak terbagi pada dua jenis :
1.       Buku
buku tes, buku agama, buku cerita, komik, dan sebagainya
2.       Periodical
-surat kabar harian
-surat kabar mingguan
-majalah massa, yang ditujukan untuk semua golongan masyarakat, -majalah kelas, yaitu suatu majalah yang hanya ditujukan untuk golongan tertentu,
-majalah spesial, majalah yang khusus membahas bidang-bidang tertentu/khusus seperti : olah raga, musik, wanita, dan sebagainya
-pamplet
-leaflet, dan sebagainya

7. Apa yang maksud jurnalistik elektronik atau media elektronik?
Jurnalistik yang berhubungan dengan alat elektronik atau cara penyampaian berita pesan atau yang lainnya melalui media elektonik seperti radio, televisi, film, telephon, faksimili, dan sebagainya.

8. Apa yang dimaksud jurnalis dan jurnalisme?
Jurnalisme adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita, dan sebagainya, yang umumnya dikerjakan wartawan. Adapun jurnalis adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan data dan menulis berita dalam surat kabar atau majalah atau yang biasa disebut wartawan atau penulis free lance.

9. Apakah sejarah adanya mencatat karya jurnalistik untuk pertama kalinya?
Secara pasti sulit untuk mencatat karya jurnalistik untuk pertama kalinya. Hal itu dikarenakan jurnalistik maknanya luas seperti diungkapkan pada jawaban pertanyaan pertama. Namun sejarah pernah mencatat ihwal kemahiran kaum Quraisy di Mekah yang pandai membuat syair. Karya mereka dilombakan dan yang menang diberi imbalan berharga dan karyanya ditempel di Ka’bah.
Sekalipun demikian, Sebelum reneisans, jurnalistik sebagai disiplin ilmu belum dikenal oleh masyarakat dunia. Richer Fawkes membuat surat kabar pertama pada awal abad ke-14 bernama “Treu En Countre”. pada awal abad ke-16, jurnal komersial mulai muncul di Belgia bernama “Courante Braden”. jurnal “Gasettes” terbit di Inggris tahun 1563. Di Jerman juga muncul jurnal “Courantos” 

10. Apakah jurnalistik telah menjadi disiplin ilmu dan bisa dipelajari secara khusus di sekolah atau Perguruan Tinggi?
Jurnalistik sebagai bagian dari ilmu komunikasi dan publistik, jelas telah menjadi disiplin ilmu. Di sekolah-sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah (SLTP/SMU/SMK/Aliyah) secara langsung telah dipelajari dasar-dasar jurnalistik seperti dalam pelajaran bahasa Indonesia atau bahasa Daerah. Di Perguruan Tinggi, jurnalistik bisa di pelajarilebih khusus lagi yaitu di Fakultas Komunikasi Jurusan Jurnalistik. Anda bisa menghubungi Perguruan Tinggi yang membuka fakultas tersebut di kota Anda.

11. Apa yang dimaksud plagiat atau plagiator?
Plagiat adalah pembajakan atau penculikan berupa penggunaan fakta, penjelasan, ungkapan, dari kalimat orang lain secara tidak sah atau dengan tidak mencantumkan sumber pengutipan dan menganggap bahwa apa yang ditulis itu karya sendiri. Orangnya disebut plagiator

12. Seorang penulis secara langsung berhadapan dengan media dan masyarakat, karena itu apakah ada etika tersendiri menyangkut tulis menulis?
Etika menulis atau tata tertib atau kesopanan menyangkut penulisan karya fiksi atau nonfiksi memang harus jadi pedoman bagi penulis terutama penulis free lance (non wartawan). Secara garis besar, etika menulis sebagai berikut :
1.       Materi dan gagasan penulisan tidak bertentangan dengan Undang-Undang Dasar 1945, Pancasila, dan peraturan yang berlaku lainnya.
2.       Isi tulisan tidak menyinggung kebersamaan dalam kerukunan sesama warga negara dan warga masyarakat secara keseluruhan, seperti tidak menyinggung SARA (suku, agama, rasa, dan antar golongan).
3.       Seorang penulis hendaknya bersikap jujur dalam segala hal terutama yang berkaitan dengan materi kepenulisan, misalnya dengan menyebutkan identitas diri, penyebutan pekerjaan, penyebutan alamat tempat tinggal, status, jabatan, dan sebagainya. Ketidak jujuran penulis akan merugikan diri sendiri.
4.       Mengirim tulisan dengan ketikan rapi, tanpa banyak coretan.
5.       Menggunakan bahasa yang baik dan benar.
6.       Tidak melanggar hak cipta orang lain, seperti menjiplak, dan mengutip tanpa menyebutkan identitas atau sumbernya.
7.       Tidak mengirim tulisan yang sama pada media lain, kecuali dengan syarat-syarat kehusus, umpamanya berbeda letak geografis antar penerbitan media itu, ada tenggang waktu, atau ada kesepakatan antar pihak terkait. Hal ini belum diundangkan secara baku tetapi masih merupakan konvensi atau aturan tak tertulis di masing-masing media. konsekwensi jika penulis ketahuan menulis dengan tulisan yang sama di media berbeda, biasanya akan dikenakan sangsi yang disebut black list atau daftar hitam. Artinya jika seseorang telah dikenai daftar hitam pada media tertentu, maka tulisan-tulisannya tidak akan dimuat pada media tersebut dalam jangka waktu tertentu.

13. Menggunakan bahasa yang baik dan benar sebagai mana disebutkan dalam etika menulis, hal ini tentu erat kaitannya dengan EYD, maka apa yang dimaksud EYD ini?
EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan, yaitu penggunaan ejaan bahasa Indonesia yang resmi dikeluarkan pemerintah Indonesia berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Setiap penerbitan di Indonesia wajib menggunakan Ejaan yang Disempurnakan ini. EYD ini mengatur berbagai hal menyangkut penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar terutama untuk media massa. Untuk mengetahui EYD ini sebaiknya Anda meiliki bukunya langsung yang dikelurkan oleh Departeman Pendidikan dan Kebudayaan atau bisa juga didapatkan dalam buku-buku lain yang mengutip keputusan penggunaan EYD ini.

14. Apa yang dimaksud ekonomi kata?
Ekonomi kata adalah penggunaan kata yang lebih hemat dan jelas dalam penulisan suatu berita, tidak dibuat-buat, jujur sesuai fakta, dan memperhatikan kaidah bahasa yang berlaku

15. Apa yang dimaksud kata-kata mubadzir?
kata-kata mubadzir adalah kata-kata yang tidak perlu digunakan dalam penulisan berita karena hanya akan menimbulkan jumlah kata dan halaman, misalnya adalah, bahwa, telah, untuk, dari. Kata-kata mubadzir ini jika dihilangkan tidak akan mengganggu kelancaran komunikasi bahkan mempermudah pemahaman.

16. Apa yang dimaksud kata-kata penat?
Kata-kata penat adalah kata-kata yang sering digunakan sehingga menimbulkan kebosanan pada pendengar atau pembaca.

17. Dalam jurnalistik terutama penerbitan buku ada istilah copyright, apa maksud dan fungsinya?
Copyright atau hak cipta adalah hak paten badan atau seseorang untuk tidak dimiliki orang lain tanpa sepengetahuan badan atau orang tersebut. Copyrigth ini cakupannya bukan hanya pada penerbitan atau produksi buku tapi juga hak ekslusif terhadap penerbitan, produksi terbitan, dan penjualan karya-karya literer, drama, musik, dan seni, atau terhadap pemakain label penjualan atau tekhnik produksi.
Fungsi adanya hak paten ini adalah untuk menghormati dan menjaga karya suatu badan atau karya seseorang. Dengan demikian tidak muncul penjiplakan atau pencurian suatu karya. Selain itu juga sebagai bentuk tanggung jawab dan badan atau orang yang bersangkutan terhadap isi dari cetakan atau karyanya itu. Walau demikian, adanya hak paten ini tidak terlepas dari bisnis, artinya hak jual dari karya itu adalah sepenuhnya milik sipembuat.

18. Di Indonesia, Surat kabar sering disebut juga koran, dari bahasa apa koran itu?
Dalam berbagai kamus memang sulit ditemukan asal bahasa dari koran ini. Namun dari penelitian seksama, bahasa yang mendekati kata “koran” ini adalah “Quran”, (bahasa Arab) Kitab Suci Agama Islam. Quran sendiri artinya bacaan yang berasal dari kata “qoroa, yaqrou, quraanan”. Masuk pada lidah orang Indonesia kata “Quran” bisa saja berubah menjadi “koran” yang kita kenal sekarang. Selain itu ada juga kata yang cukup dekat pada kata “koran” yaitu “Courantos” nama (semacam) buletin yang terbit di Jerman pada abad ke-16 Masehi.

19. Apa pengertian surat kabar?
Surat kabar atau koran adalah barang cetakan yang berisi berita, informasi, dan pendidikan yang terbit secara kontinyu yang biasanya harian. Ada juga yang berpendapat bahwa surat kabar adalah salah satu bentuk media cetak yang tidak dijilid, dalam ukuran normal tiap halaman terdiri 9 kolom. Ada yang terbit 8 halaman, 12 halaman, 16 halaman, dan ada yang lebih dari jumlah itu.

20. Apa yang dimaksud surat kabar elektronik?
Surat kabar elektronik adalah surat kabar yang proses pengolahan dan penyajian informasi serta penerimaannya melalui elektronik. Jadi isi pesan harus diubah dulu menjadi gelombang elektromagnetik, lalu dipancarkan atau ditransmisikan kepada pelanggan di manapun berada , pelanggan menerima isi pesan melalui pesawat monitor yang dilengkapi dengan printer.

21. Apa yang dimaksud surat kabar pop?
surat kabar yang menyajikan hal-hal populer, termasuk berita-berita kriminilitas, dicetak dengan kepala berita yang sensasional dan besar-besar dengan dihiasi gambar-gambar besar dan mencolok.

22. Apa pengertian tabloid?
Tabloid adalah barang cetakan yang betuknya setengah surat kabar harian dan umumnya full color.

23. Apa yang dimaksud julukan “kekuatan keempat” dan Kekuatan kelima” yang sering ditujukan ke suatu media?
Kekuatan keempat adalah julukan yang diberikan kepada bidang pers karena mempunyai kakuatan politik dan opini yang mampu mempengaruhi masyarakat umum, kekuatan yang lain adalah legislatif, ekssekutif, dan judikatif. kekuatan kelima adalah julukan yang diberikan kepada radio karena mampu menghimpun opini masyarakat luas.

24. Apa yang dimaksud visi atau misi surat kabar dan majalah?
Visi atau misi surat kabar dan majalah adalah corak atau idealisme surat kabar tersebut dalam memuat tulisannya, apakah bercorak politik, olah raga, pendidikan, sastra, hiburan, kesenian, atau keagamaan.

25. Bagaimana kita mengetahui visi atau misi suatu media?
Untuk mengetahui visi atau misi suatu surat kabar atau majalah sebenarnya mudah, untuk media yang kelihatannya umum Anda baca beberapa terbitan dan nantinya Anda tahu arah idealisme, atau corak media tersebut.

26. Apa yang dimaksud harian pagi?
harian yang terbit pada pagi hari, berita yang terahir masuk pukul 23.30 atau 24.00

27. Apa yang dimaksud harian sore?
Harian yang terbit sore hari, berisi berita-berita yang terjadi pada hari itu hingga pukul 13.00.

28. Apa yang disebut majalah?
Majalah adalah terbitan berkala yang memuat artikel dari berbagai penulis. Biasanya mingguan, dwimingguan, bulanan atau dua bulanan.

29. Secara khusus apa yang dimaksud majalah berita?
Majalah berita adalah majalah mingguan yang menyajikan berita sebagai porsi utamanya, dengan suatu gaya penyajian yang khas seperti Gatra, Umat, Forum, dan lain-lain.

30. Apa tugas seorang editor suatu media?
Orang yang bertugas memperbaiki bahasa, ejaan, penyajian suatu karangan atau tulisan yang hendak dimuat dalam media massa. Dia yang menentukan artikel yang akan dimuat di media bersangkutan. Tugas editor ini sangat sibuk, perharinya dia bisa menerima puluhan bahkan ratusan tulisan yang dikirim para penulis. Editor harus menyeleksi tulisan-tulisan tersebut, mana yang layak untuk diterbitkan.

31. Apa tanggung jawab pemimpin redaksi?
Pemimpin redaksi adalah yang bertanggung jawab pada isi pemberitaan baik tanggung jawabnya kepada pemimpin umum atau kepada hukum negara dan kode etik jurnalistik. Jadi mereka bukan saja berhadapan dengan masyarakat, tapi juga dengan pemimpin umum dan hukum negara. Untuk itu posisinya cukup penting menyangkut kehidupan media bersangkutan.

32. Apa tanggung Jawab pemimpin umum surat kabar dan majalah?
Pemimpin umum adalah orang paling bertanggung jawab atas seluruh penerbitan media baik kedalam maupun ke pihak luar; yang berhak menentukan staf yang dinilai mampu membantu memperlancar roda penerbitan terutama dalam hal redaksional dan usaha.

33. Apa pengertian berita?
Berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang baru atau keterangan yang terbaru tentang suatu peristiwa; suatu fakta yang menarik perhatian atau gagasan yang perlu disampaikan kepada khalayak melalui media massa umum. 

34. Unsur-unsur apa saja yang membentuk suatu berita?
Unsur-unsur yang mempengaruhi suatu fakta atau gagasan sehingga dapat dijadikan berita adalah :
1.       Penting (significance), yaitu kejadian yang dapat mempengaruhi orang banyak atau kejadian yang punya dampak terhadap kehidupan para pembaca.
2.       Besar (magnitude), yaitu kejadian yang menyangkut angka-angka berarti bagi kehidupan orang banyak atau kejadian yang dapat berakibat dijumlahkan dalam rangka menarik buat pembaca.
3.       Waktu (timeless), yaitu kejadian yang menyangkut hal-hal yang baru terjadi atau baru ditemukan.
4.       Dekat (proximity), yaitu kejadian yang dekat bagi pembaca. Kedekatan ini bisa bersipat geografis ataupun emosional.
5.       Tenar/populer, luar biasa (prominence), menyangkut hal-hal yang terkenal atau sangat terkenal oleh pambaca.
6.       Manusiawi (human interest), yaitu kejadian yang memberikan sentuhan perasaan bagi para pembaca, kejadian yang menyangkut orang biasa dalam situasi luar biasa atau orang besar dalam situasi biasa.

35. Apa yang dimaksud bahasa berita?
Bahasa berita adalah bahasa yang disyaratkan sederhana tidak bercampur baur dengan kata-kata asing dan kata-kata yang kurang atau tidak dipahami pembaca. Selain itu dalam bahasa berita hindari pemakaian kalimat terbalik dan kata-kata penat.

36. Apa saja syarat-syarat berita itu?
Berita harus memenuhi syarat :
  1. Harus benar, apa yang diberitakan itu sesuai fakta dengan bukti-bukti yang konkrit.
  2. Sederhana, berita yang ditulis harus sederhana baik dalam isi maupun bahasanya sehingga dapat dimengerti oleh berbagai lapisan masyarakat.
  3. 3.       Singkat, berita yang baik adalah tidak bertele-tele, langsung pada pokok permasalahan, singkat jelas dan padat sehingga tidak menimbulkan kebosanan pada pembaca.
  4. 4.       Jelas, apa yang diberitakan itu tidak semu, jelas dan bisa dipertanggung jawabkan.
  5. 5.       Hidup, apa yang diberitakan harus mendorong minat pembaca untuk terus membaca dan mengikuti perkambangan berikutnya. Pembaca ikut merasakan.

37. Berita memiliki berbagai ragam, mohon dijelaskan?
Pembagian jenis berita dapat digolongkan menjadi 3 golongan :
1. Berita langsung (straight news)
2. Berita ringan (soft news)
3. Berita kisah (feature)

38. Apa yang dimaksud berita aktual (hard news)?
Berita aktual adalah uraian peristiwa, pendapat, atau realitas yang harus disajikan kepada khalayak secepatnya karena memiliki nilai berita yang tinggi. Berita aktual ini sering dijadikan berita utama media cetak atau dijadikan menu utama pada pemberitaan televisi, bahkan secara khusus berita ini dijadikan menu pada “sekilas info “(RCTI) atau “Aktualita” (AN-teve), “Fokus Utama” (Indosiar) atau nama lainnya yang memiliki maksud sama.

39. Mohon dijelaskan berita ditinjau dari sudut geografi !
Berita ditinjau dari sudut geografi terbagi 3 yaitu : berita lokal, nasional, dan internasional.

40. berita jika ditinjau sudut masalahnya terbagi dalam bidang atau masalah apa saja?
Berita ditinjau sudut masalahnya terdiri dari bidang atau masalah politik, ekonomi, agama, budaya, ilmu pengetahuan, olah raga, tekhnik, militer, filsafat, dan tata negara.

41. Apa yang dimaksud penulis produktif?
Penulis produktif adalah mereka yang tekun menulis keberbagai media massa dengan berbagai topik yang menurutnya layak ditulis, kadang menjadikan kegiatan penulisan ini sebagai sebuah profesi. Panulis produktif biasanya memiliki spesial bidang tertentu yang sering dia tulis disamping ragam tulisan lainnya sebagai sampingan. Mereka menulis bukan hanya di satu media, tapi diberbagai media baik lokal maupun nasional, bahkan tak jarang mereka jadi penulis tetap di media-media tertentu dan tak jarang juga mereka diminta secara khusus oleh media tertentu untuk menulis tentang bidang tertentu yang dinilai menguasai.

42. Apa ilustrasi itu?
Ilustrasi gambar yang ada kaitannya dengan berita; upaya menjelaskan atau menyampaikan sesuatu ide kepada orang lain agar ide yang disampaikan dapat diterima; ilustari juga bisa dinyatakan dengan bahasa   atau kata-kata. Ilustrai berguna bukan hanya untuk mempermudah pesan tetapi penting juga untuk memberikan kesan.

43. Apa yang dimaksud spasi?
Ruangan kecil yang terdapat di antara hurup atau kata dalam susunan baris

44. Idealnya spasi untuk artikel itu berapa?
Mengingat tulisan untuk media itu hubungannya sangat erat dengan media yang akan kita kirim, maka penulis sebaiknya mengikuti ketentuan dari media bersangkutan termasuk dalam hal spasi. Namun umumnya, media cetak mensyaratkan spasi ganda atau dua spasi atau bisa juga satu spasi setengah. 

45. Apa pengertian wartawan dan kewartawanan?
wartawan adalah orang yang bekerja dan mendapat nafkah sepenuhnya dari media massa. Tugas pokoknya sebagai sebagai peliput, penyusun berita, dan menyebarkan berita
Adapun kewartawanan, Dalam Undang-Undang No. 11 tahun 1996, pasal 1 ayat 3 disebutkan: “Kewartawanan ialah pekerjaan/kegiatan/ usaha yang berhubungan dengan pengumpulan, pengelolaan dan penyiaran dalam bentuk fakta, pendapat, ulasan, gambar-gambar dan lain-lain sebagainya untuk perusahaan, radio, televisi dan film”.

46. Apa saja sebutan lain bagi wartawan?
Wartawan disebut juga: juru warta, jurnalism, reporter, newsgatter, press-man, kuli tinta, nyamuk pers, komunikator massa, dan pembela kepentingan rakyat.

47. Apa saja Fungsi Dan Tugas Wartawan itu?
Fungsi dan tugas wartawan pada dasarnya ada tiga, yaitu:
1.       Peliput; seorang wartawan berfungsi sebagai peliput setiap peristiwa yang terjadi untuk menjadi bahan berita.
2.       Penyusun; peristiwa yang telah diliput akan disusun menjadi suatu berita yang menarik buat publik.
3.       Penyebar informasi; berita yang telah disusun akan disampaikan kepada publik, berita itu menjadi informasi buat mereka.

48. Mohon dijelaskan berbagai Jenis Wartawan !
Secara garis besar jenis wartawan itu ada 4 yaitu :
  1. Wartawan Profesional Yaitu wartawan yang menjadikan kegiatan kewartawanan sebagai profesi. Tugas tersebut dilaksanakan sebagai profesi atau pekerjaan.
  2. Wartawan Free Lance Wartawan yang tidak tergantung pada satu kabar atau berita saja. Ia melakukan tigas kewartawanan. Sedangkan karyanya disalurkan ke berbagai media. Jadi tidak terikat oleh satu penerbitan atau satu surat kabar.
  3. Koresponden Istilah ini sering dipakai untuk menyebut wartawan yang bertugas di daerah dan tidak berada satu kota dengan pusat penerbitan. Mereka bekerja dan menulis berita. Berita itu dikirimkan melalui pos, faksimili, modem, telephon atau sarana komunikasi lainnya.
  4. Wartawan Kantor Berita Yaitu seorang wartawan dari satu kantor berita atau new pers agency. wartawan ini mencari berita untuk suatu kantor berita kemudian beritanya di salurkan atau dijual ke berbagai lembaga penerbitan yang membutuhkan.

49. Apa yang dimaksud wartawan diplomatik?
Wartawan diplomatik adalah wartawan yang ditugaskan untuk meliput kegiatan-kegiatan atau sidang-sidang parlemen, mewawancarai menteri, diplomat asing, pembesar asing, dan kegiatan kenegaraan yang bersipat politis. Untuk menjadi wartawan jenis ini diperlukan disiplin ilmu yang bagus, tatak rama tinggi, keberanian mental yang tangguh, dan gaya diplomasi yang lancar, karena yang mereka hadapi bukan orang biasa, tapi para pembesar yang tentu saja memiliki disiplin ilmu dan tata krama yang berbeda dengan yang lainnya.

50. Apa yang dimaksud wartawan photo?
Wartawan yang ditugaskan untuk memotret kejadian-kejadian atau tempat-tempat penting. Berbeda dengan wartawan pada umumnya, wartawan photo menggunakan kamera sebagai alat utamanya, mereka biasanya menyertai wartawan biasa untuk meliput suatu peristiwa atau kegiatan tertentu. Setelah melalui seleksi yang ketat, foto dimuat dalam surat kabar atau majalah.

51. Apa yang dimaksud paparazi?
Paparazi adalah wartawan foto lepas yang tidak terikat media tertentu. Dia menjalankan profesinya atas nama pribadi dan biasanya yang menjadi sasaran adalah para selebritis yang memiliki nilai jual tinggi. Untuk menjalankan aksinya, tak jarang mereka rela diam berjam-jam bahkan mungkin berhari-hari mengintip selbritis beraktivitas.
52. Apa yang dimaksud wartawan lepas?
Adalah wartawan yang tidak menjadi staf salah satu surat kabar, tetapi menyumbangkan tulisan-tulisan/berita, ada juga yang mewakili beberapa penerbitan pers sekaligus.

53. Apa yang dimaksud wartawan perang?
Adalah wartawan yang ditugaskan ke garis depan suatu medan pertempuran. Kantor Berita Reuteur, Associated Pers, Agence France Presse, United Press Internasional, mempunyai banyak wartawan perang. Untuk menjadi wartawan jenis ini harus berani mati karena medan yang mereka hadapi sarat resiko kematian. Mereka berhadapan dengan mesin pembunuh dan para tentara yang kadang tak kenal siapa kawan dan siapa lawan.

54. Apa yang dimaksud siaran pers?
Siaran pers adalah bahan informasi yang dikeluarkan oleh instansi atau swasta untuk disiarkan di media massa. Masalah yang dikemukakan biasanya sangat penting. Siaran ini biasa diadakan di gedung atau tempat tertentu dengan mengundang wartawan. Ada juga yang melakukannya bukan dengan mengundang wartawan melainkan mengirim tulisan keberbagai media sebagai berita. Siaran pers bentuk tulisan ini sering disebut pers rilis (Realise press).

55. Apa yang dimaksud karangan atau artikel fiksi?
Karangan atau artikel fiksi adalah karangan yang semata-mata hasil oleh pikir yang sipatnya khayalan dan angan-angan belaka.

55. Apa yang dimaksud karangan atau artikel fiksi?
Karangan atau artikel fiksi adalah karangan yang semata-mata hasil oleh pikir yang sipatnya khayalan dan angan-angan belaka.

56. Apa yang disebuat karangan ilmiah?
Karangan ilmiah adalah karangan ilmu pengatahun yang menyajikan fakta umum dan menurut metodologi panulisan yang baik dan benar, ditulis dengan bahasa konkret, gaya bahasanya formal, kata-katanya tekhnis dan didukung dengan fakta umum yang dapat dibuktikan benar atau tidaknya.

57. Apa yang dimaksud karangan non-ilmiah?
Karangan non-ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta pribadi dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar, topiknya dan cara penyajianya juga berfariasi, tapi isinya tidak didukung dengan fakta umum. Datanya dihasilkan bukan dari riset langsung melainkan hasil dari kesimpulan wawancara, atau bentuk lain.

58. Apa yang dimaksud karangan ilmiah populer?
Karangan ilmiah populer adalah karangan tentang kehidupan sehari-hari yang ditulis berdasarkan metoda ilmiah hingga mudah dipahami oleh rata-rata pembaca.

59. Apa yang dimaksud naskah?
Naskah adalah karya asli seseorang yang hendak diterbitkan dalam surat kabar dan majalah atau dibukukan. Adakalanya dibacakan di media elektronik terutama dalam film dokumenter.

60. Apa yang dimaksud naskah jadi dan naskah kotor?
Naskah jadi adalah bahan berita yang tidak perlu diubah lagi, berasal dari badan/lembaga pers atau bedan publisitas. Adapun naskah kotor adalah naskah yang banyak kesalahan, disitu banyak sekali tanda kereksi masih perlu diadakan revisi (ditulis ulang).

61. Apa pengertian artikel?
Artikel adalah segala jenis tulisan atau karangan yang terbit atau akan diterbitkan di surat kabar atau majalah. Bisa juga yang ditayangkan atau dibacakan di media elektronik.

62. Sebagai salah satu karya ilmiah yang diterbitkan di media massa, pembuatan artikel memerlukan syarat-syarat khusus, mohon dijelaskan?
Artikel adalah salah satu karya ilmiah yang memiliki ciri-ciri atau memerlukan syarat-syarat khusus dalam pembuatannya sebagai berikut :
  1. Lugas, yaitu penulisan langsung menuju persoalan.
  2. Logis, yaitu segala keterangan yang dipaparkan, memiliki dasar dan alasan yang logis (masuk akal) dan dapat diuji kebenarannya.
  3. Tuntas, yaitu masalah dikupas secara mendalam.
  4. Obyektif, yaitu keterangan yang disajikan sesuai dengan data dan fakta yang ada.
  5. Cermat, yaitu berusaha menghindari berbagai kekeliruan walau sekecil apapun.
  6. Jelas dan padat, yaitu keterangan yang dikemukakan dapat dipahami pembaca dan tidak bertele-tele.
  7. Tidak melibatkan emosi berlebihan, seperti rasa haru, marah, benci atau kagum yang diungkapkan secara berlebihan.
  8. Terbuka dan tidak egois, yaitu menerima kemungkinan pendapat baru dan tidak merasa diri paling benar.
  9.  Memperhatikan bahasa baku dan mengikuti kaidah tanda baca yang diakui.

63. Apa yang dimaksud ide?
Ide adalah sesuatu yang muncul dalam pikiran secara spontanitas. Ide ini muncul biasanya jika pikian kita menangkap sesuatu yang menurut pikiran kita cukup menarik. Ide muncul tidak kenal tempat dan waktu, artinya kapan saja dan dimana saja, ide bisa muncul. Untuk itu seorang panulis semestinya selalu membawa alat tulis sehingga manakala ide muncul ia bisa langsung menuliskannya.

64. Apa pengertian topik?
Topik adalah berasal dari bahasa Yunani “topoi” yang berarti tempat, dalam tulis menulis bebarti pokok pembicaraan atau sesuatu yang menjadi landasan penulisan suatu artikel.

65. Apakan ada cara khusus untuk memunculkan ide?
Sekalipun ide itu muncul spontanitas, namun bukan berarti tidak bisa diusahakan kemunculannya. Datangnya ide bisa kita munculkan umpamanya dengan sering membaca. Seorang panulis mutlak harus membiasakan hal itu, biasanya ketika tengah membaca buku, secara tiba-tiba muncul itu untuk membahas sesuatu. Bisa juga dengan banyak aktivitas organisasi. Dalam aktivitas organiassi biasanya berinteraksi dengan banyak orang, bisa bincang-bincang atau tukar pendapat. Dari bincang-bincang ini terkadang muncul ide untuk membahas suatu masalah. Cara lain umpamanya dengan manonton acara televisi, mendengar radio, atau dengan berjalan-jalan.

66. Apa yang disebut tema itu?
Tema berasal dari bahasa Yunani “thithenai”, berarti sesuatu yang telah diuraikan atau sesuatu yang telah ditempatkan. Tema merupakan amanat utama yang disampaikan oleh penulis melalui karangannya. Dalam karang mengarang, tema adalah pokok pikiran yang mendasari karangan yang akan disusun. Dalam tulis menulis, tema adalah pokok bahasan yang akan disusun menjadi tulisan. Tema ini yang akan menentukan arah tulisan atau tujuan dari penulisan artikel itu. Menentukan tema berarti menentukan apa masalah sebenarmya yang akan ditulis atau diuraikan oleh penulis.

67. Apa pengertian kerangka karangan?
Kerangka karangan adalah suatu rencana kerja yang memuat garis-garis besar dari suatu karangan atau tulisan yang akan ditulis atau dibahas; susunan sistematis dari pikiran-pikiran utama dan pikiran-pikiran penjelas yang akan menjadi pokok tulisan. kerangka karangan; rencana penulisan, dibuat untuk mempermudah penulisan agar tidak keluar dari tema atau topik yang dituju. Pembuatan kerangka karangan penting agar tulisan atau artikel tidak kaku atau agar penulis tidak bingung dalam melanjutkan tulisannya. Terutama bagi penulis pemula, pembuatan kerangka karangan ini sangat dianjurkan. Adapun penulis profesional yang telah terbiasa menulis artikel, nampaknya tidak terlalu memerlukan kerangka karangan yang mendetail, cukup garis besar atau pokok-pokok yang akan ditulis

68. Apa manpaat dibuatnya kerangka karangan?
Manpaat kerangka karangan adalah untuk menyusun tulisan agar tertulis secara teratur, mempermudah pembahasan dan menghindari penulisan ke luar dari sasaran pembahasan, memudahkan penulis menciptakan klimak yang berbeda-beda, menghindari penggarapan sebuat topik sampai dua kali atau lebih, memudahkan penulis untuk mencari materi pembantu. Sehingga dengan adanya kerangka karangan, seorang penulis bisa langsung menyusun tulisan dengan butir-butir bahasan yang telah tercantum dalam kerangka karangan itu.

69. Apa saja syarat-syarat kerangka karangan yang baik?
Kerangka karangan yang baik memiliki syarat-syarat :
1. Tesis atau pengungkapan maksud harus jelas.
2. Tiap unit dalam kerangka karangan hanya mengandung satu gagasan.
3. Pokok-pokok dalam kerangka karangan harus disusun secara logis.
4. Harus menggunakan pasangan simbol yang konsisten.

70. Apa pengertian judul itu?
Judul adalah nama yang dipakai untuk buku, bab dalam buku, kepala berita, dan lain-lain; identitas atau cermin dari jiwa seluruh karya tulis, bersipat menjelaskan diri dan yang manarik perhatian dan adakalanya menentukan wilayah (lokasi). Dalam artikel judul sering disebut juga kepala tulisan. Ada yang mendefinisikan Judul adalah lukisan singkat suatu artikel atau disebut juga miniatur isi bahasan. Judul hendaknya dibuat dengan ringkas, padat dan menarik. Judul artikel diusahakan tidak lebih dari lima kata, tetapi cukup menggambarkan isi bahasan.

71. Apa kiat agar cepat bisa membuat judul?
Resep agar seorang penulis pemula cepat mahir dalam membuat judul, hendaknya sering mengamati judul - judul artikel orang lain yang sudah terbit di media massa. Hal itu penting, karena membuat judul yang benar, padat dan menarik, tidaklah mudah. Terlebih lagi setiap media cetak berbeda dalam menerbitkan suatu judul. Namun pada intinya, Judul hendaknya singkat padat, Menarik dan menggambarkan isi bahasan. 

72. Apa saja syarat-syarat pembuatan judul?
Judul dalam pembuatannya menuntut syarat-syarat :
  1. Harus relevan, yaitu harus mempunyai pertalian dengan temanya, atau ada pertalian dengan beberapa bagian penting dari tema tersebut.
  2. Harus provokatif, yaitu harus menarik dengan sedemikian rupa sehingga menimbulkan keinginan tahu dari tiap pembaca terhadap isi buku atau karangan.
  3. Harus singkat, yaitu tidak boleh mengambil bentuk kalimat atau frasa yang panjang, tetapi harus berbentuk kata atau rangklaian kata yang singkat. Usahakan judul tidak lebih dari lima kata. Jika pengarang tidak dapat menghindakna dari judul yang panjang (terpaksa), maka dapat menemouh jalan keluar dengan menciptakan judul utama yang singkat, tetapi judul tambahan yang panjang.

73. Apa yang dimaksud judul langsung dan judul tak langsung?
Judul langsung adalah judul yang erat kaitannya dengan bagian utama berita, sehingga hubungannya dengan bagian utama berita nampak jelas. Sedangkan judul tak langsung adalah judul yang tidak langsung hubungannya dengan bagian utama berita, tapi tetap menjiwai seluruh isi karangan atau berita.

74. Apa fungsi judul itu?
Judul memiliki fungsi sebagai berikut :
  1. Merupakan identitas/cermin dari jiwa seluruh karya tulis
  2. Temanya menjelaskan diri dan menarik sehingga mengundang orang untuk membacanya atau untuk mempelajari isinya.
  3. Merupakan gambaran global tentang arah, maksud, tujuan, dan rung lingkupnya.
  4. Relevan dengan isi seluruh naskah, masalah maksud, dan tujunnya.

75. Apa yang dimaksud dengan lead atau teras berita?
Lead adalah pendahuluan karangan atau pendahuluan artikel (tajuk) lazimnya ditempatkan pada paragraf pertama atau paragraf pertama dan kedua. Penulisan lead dalam artikel harus hangat, menggugah pembaca untuk mengetahui isi bahasan dan menggambarkan keadaan yang membutuhkan pembahasan dan pemecahan. Khusus untuk lead artikel Agama (Islam), bisa berupa kutipan ayat suci Al-Qur’an, sabda Rasul SAW, nasihat para sahabat Nabi Muhammad SAW, pendapat atau nasihat ulama dan kata-kata hikmah. Semuanya ditempatkan pada paragraf awal.

76. Bagaimana syarat lead untuk berita?
Adapun lead berita adalah teras berita bagian penting suatu berita atau artikel yang harus mencakup formula 5W + 1H (What/apa, Who/siapa, Were/di mana, Why/mengapa, When/kapan, How/bagaimana). Beberapa cara dalam penulisan teras berita atau lead :
  1. Mencerminkan pokok berita
  2. Tidak lebih dari 30 perkataan
  3. Mudah dipahami, singkat, satu gagasan dalam satu kalimat tidak memusatkan sekaligus 5W + iH (salah satu)
  4. Penambah keterangan ditempatkan pada badan berita
  5. Mengutamakan unsur APA
  6. Unsur SIAPA dalam teras berita harus seorang tokoh
  7. Unsur waktu (WHEN) digunakan pada permulaan berita bila perlu
  8. Urutan berita sebaiknya TEMPAT baru disusul oleh unsur waktu
  9. Unsur BAGAIMANA dan MENGAPA diuraikan dalam badan berita
  10. Dapat dimulai dengan kutipan pernyataan seorang tokoh

77. Apa pengertian tajuk rencana dan maksud penulisannya?
Tajuk rencana adalah karangan pokok suatu surat kabar; mahkota atau induk karangan surat kabat yang lazimnya membawakan pendpat surat kabat itu. Sebagian penulis berpendapat bahwa tajur rencana adalah : pernyataan mengenai fakta dan opini secara singkat, logis, menarik ditinjau dari segi penulisan dan bertujuan untuk mempengaruhi pendapat, atau memberikan interpretasi terhadap suatu berita yang menonjol. Secara terperinsi, maksud penulisan tajuk rencana adalah :
  1. Menjelaskan berita, yaitu surat kabar tersebut bebas memberikan interpretasi untuk menjelaskan suatu berita kepada masyarakat
  2. Mengisi latar belakang, yaitu mengarahkan pada berita-berita yang berkaitan dengan kenyataan-kenyataan sosial
  3. Meramalkan masa depan, penulis tajuk rencata meramalkan apa yang akan terjadi masa mendatang dengan latar belakang kejadian yang tengah terjadi
  4. Merumuskan suatu penelitian sosial, yaitu penulis tajuk rencana memberikan penilaian atau argumentasi terhadap suatu kejadian, berita atau peristiwa tertentu yang tengah terjadi.

78. Apa yang dimaksud dengan wawancara/interview?
Wawancara adalah tekhnik mendapatkan keterangan dengan mengajukan serangkain pertanyaan untuk bahan berita.

79. Macam-macam wawancara terbagi berapa bagian jika ditinjau segi kepentingan penulis atau wartawan?
Jika ditinjau segi kepentingan penuli, ada tiga macam wawancara :
  1. Wawancara untuk minta keterangan (information interview).
  2. Wawancara untuk minta pemikiran atau pertimbangan (opinion interview).
  3. Wawancara untuk membuat/menyusun cerita (feature interview).
80. Apa pengertian feature?
adalah karangan khas (karkhas) berupa cerita (bukan fiksi) yang ditulis dengan cara yang meyenangkan/mengenakan pembaca; Tekhnis penulisannya tidak perlu mengikuti jalur yang disayaratkan dalam penulisan berita; karangan lengkap nonfiksi bukan berita lempang dalam media massa yang tidak tentu panjangnya, dipaparkan secara hidup sebagai pengungkapan daya kreatifitas kadang-kadang dengan sentuhan sunyektivitas pengarang terhadap peristiwa, situasi, aspek kehidupan, dengan tekan pada daya pikat manusiawi untuk mencapai tujuan memberitahu, menghibur, mendidik, dan meyakinkan pembaca. Tulisan seperti ini lebih menitik beratkan pada minat manusiawi (human inters).

81. Mohon dijelaskan janis-jenis feature !
Jenis-Jenis featur terbagi menjadi 6 bagian, yaitu :
  1. Feature berita, berisi feature yang lucu, ganjil, dan menarik hati.
  2. Feature rasa manusia, berisi feature yang mengupas tentang sipat-sipat manusia atau prikehidupan manusia.
  3. Feature sejarah, berisi hal-hal yang berhubungan dengan sejarah misalnya tentang Borobudur, museum, dan lain-lain.
  4.  Feature perjalanan, yaitu feature berisi kisah perjalanan.
  5. Feature yang memberi penjelasan, berisi petunjuk cara membuat sesuatu barang atau cara menggunakan sesuatu.
  6. Feature ilmu pengetahuan, berisi uraian hasil penelitian ilmiah.

82. Apa pengetian resensi atau timbangan buku itu?
Resensi berasal dari bahasa Belanda “recencie” atau berasal dari bahasa Yunani “recensere” yang berarti memberi penilaian. Dalam bahasa Inggris digunakan istilah “review”. resensi dimaksudkan adalah timbangan buku, pendapat atau pertimbangan mengenai kwalitas suatu buku, dalam surat kabar biasanya dikerjakan oleh penulis ahli atau penulis biasa.

83. Apa pengertian kolom?
Kolom berasal dari bahasa Inggris “columns”, jenis artikel khas, unik dan lebih memiliki daya tarik, bersipat personal dalam arti lebih akomodatif dalam memberikan keleluasaan terhadap visi otonomi dan kreatifitas penulisnya, biasanya menyoroti satu masalah tertentu dengan gaya berfikir dan berbahasa paling merdeka sesuai dengan visi dan kemampuan penulisnya. Penulis kolom atau seorang penulis yang menyumbangkan artikel kepada suatu surat kabar atau majalah secara tetap disebut kolumnis.

84. Apa yang dimaksud pemenggalan kata?
Pemenggalan kata adalah pemisahan suku kata di ahir baris karena ada batasan margin, suku kata yang terpotong ditulis dibaris berikutnya. pemenggalan ini tidak berlaku bagi hurup diftong

85. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam Pengetikan artikel?
Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengetikan :
  1. Gunakan kertas HVS ukuran kwarto atau folio yang bersih dan rapih (tidak ringsek). Batas margin atau kertas yang dikosongkan disisi kiri cukup 2,5 cm, sedang untuk sisi kanan cukup 2 cm. Margin atas dan bawah, cukup masing - masing 3 cm (dalam hal ini tidak ada ketentuan yang baku).
  2. Keras tidak boleh digunakan timbal balik, cukup sebalik saja.
  3. Pengetikan harus rapi dan tidak terlalu banyak menggunakan tipp ex cair. Kesalahan satu, dua atau tiga huruf, gunakan tipp ex kertas. Kalau kelihatan banyak kesalahan tik, sebaiknya mengganti kertas.
  4. Hindari berbagai kesalahan pengetikan sekalipun satu atau dua hurup. hal ini mengurangi kepercayaan editor. Lihat ciri-ciri artikel.
  5. Judul boleh diletakkan di tengah antara margin kanan dan margin kiri atau dipinggir pada margin kiri berjarak 4 cm dari sisi kertas bagian atas. Diketik dengan huruf kapital seluruhnya atau hurup kapital awal katanya saja. Boleh digarisbawahi atau tidak.
  6. Nama penulis diletakan di bawah judul.
  7. Kata pertama dari paragraf awal ditulis dengan hurup kapital seluruhnya. Hal ini kebiasaan hampir seluruh media.
  8. Nomor halaman diletakan di bawah halaman boleh di tengah atau disisi kanan kertas. 
  9.  Cantumkan Identitas penulis diakhir bahasan dan (jangan lupa) tulis alamat yang jelas.

86. Hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan sehubugan dengan pengirman artikel?
Hal-hal yang perlu diperhatikan sehubungan dengan pengiriman artikel adalah :
  1.  Jumlah halaman disesuaikan dengan permintaan atau persyaratan dari redaksi, biasanya 3 -6 halaman.
  2. Sebelum dimasukkan keamplop, lembaran artikel disusun rapi sesuai urutan nomor halaman dan dijepit pada samping kiri atas.
  3. Sebagian media tertentu mengharuskan penulis melapirkan foto copy indentitas diri (KTP, Karti Mahasiswa, Kartu Pelajar atau SIM). Untuk itu lampirkan sesuai peryaratan redaksi.
  4. Pada sampul (amplop) muka, tulis alamat redaksi yang dituju dengan lengkap dan jelas. Cantumkan di sisi kiri atas rubrik yang dituju.
  5. Pada sampul belakang tulis alamat penulis dengan lengkap.

Comments

2 komentar:

Terima kasih sudah mengunjungi website kami,....komentar dong sayang....

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Daftar isi :

Arsip Blog

News

Loading...